my twitter

Jumat, 15 Juni 2012

Aplikasi SPSS dalam Perhitungan Beta Saham


 Model Indeks Tunggal


 Contoh Kasus

Misalkan Indra  adalah seorang mahasiswa, ia ingin mengetahui besarnya beta saham PT Bumi Resource, Tbk berdasarkan model Indeks Tunggal dengan periode waktu pengamatan selama 24 bulan (Juli 2008 – Juni2009).


C.  Aplikasi SPSS Statistics 17.0

Klik Variabel View, kemudian pada kolom Name baris pertama ketik RA dan baris kedua ketik RM. Pada kolom Decimal, ubah nilai menjadi 3 untuk semua variabel. Sedangkan untuk kolom-kolom lainnya boleh dihiraukan (isian default).
Buka halaman data view dengan klik Data View, maka didapat kolom variabel RA  dan RM. Kemudian ketikkan data sesuai dengan variabelnya. Hasil pengisian data seperti berikut:
Klik Analyze à Regression à Linear. Akan muncul jendela Linier Regression.
Klik variabel RA dan masukkan ke bagian Dependent, kemudian klik variabel RM ke kotak  Independent.
Klik Statistics, maka akan muncul jendela Linear Regression: Statistics.
Pada jendela tersebut aktifkan Estimates, Convidence intervals, dan Model fit, dan Part and Partial Correlations. atau "cetang semuanya aja ya, biar keluar hasil yg diinginkan" Pak Mantra said :D
Klik Continue lalu klik OK, maka output SPSS 17.0 pada bagian Coefficients sebagai berikut:

Dari hasil tersebut terlihat bahwa koefisien konstanta adalah sebesar 0,033, nilai koefisien RM adalah sebesar 1,886. Dengan hasil tersebut maka persamaan regresi yang bisa dibentuk adalah sebagai berikut:

RA = 0,033 +1,886  RM

Berdasarkan persamaan regresi tersebut, maka besarnya Beta saham PT Bumi Resource Tbk menurut model Indeks Tunggal adalah sebesar 1,886 yang secara statistik signifikan dengan p-value sebesar 0,001.

Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat!!!


    senangnya berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar